Tuesday, August 7, 2012

Crochet Rosette Bib Necklace


Hei ho udah lama juga tidak berbagi hobi rajut merajut nih... Kali ini mau berbagi ide dan pola untuk bikin kalung mawar yang idenya aku dapat secara tidak sengaja. Awalnya adalah secara tidak sengaja aku masukin *maaf* bra ke dalam mesin cuci, walhasil rusaklah dan wire di dalamnya sampai keluar. Isenglah kucabut si wire itu dan ternyata bentuknya menarik he he he, kupikir lucu juga kalau kalung bentuknya gitu jadi kubuatlah bunga-bungaan mawar untuk dibungkus di sekitar wire itu.



Rosettenya sendiri bisa diselipin disekitar wire namun supaya diam di tempatnya akhirnya aku lem juga di bagian belakang bunga. Untuk tali kalungnya aku sc sekitar 7-8 kali di ujung wire lalu dilem dan sisa kalungnya aku buat dengan 100 ch, jadi untuk memakai kalungnya tinggal diikat supaya panjangnya bisa disesuaikan.

Pola rosettnya ada di buku Crochet Accessoriesnya Ibu Ratu Sri Hastutie yang aku beli di gramedia, tapi untuk yang tidak punya bukunya polanya sebagai berikut:

*note: Bukunya menggunakan UK style pattern namun karena aku terbiasa menggunakan US style pattern jadi polanya kuubah menjadi US style

Bunga bagian atas ( 3 kelopak)
  1. Round 1: Buat 4ch lalu di ss jadi ring
  2. Round 2: Buat 1ch lalu 6sc dari dalam ring lalu ss.
  3. Round 3: Buat 1ch lalu 1sc, lalu buat 3ch dari setiap 2sc yang digabung dengan membuat 1sc.
  4. Round 4: Buat 1ch lalu 1sc, 5dc, 1sc dari dalam lingkaran ke 3 sebanyak 3 kali.
Bunga bagian bawah (5 kelopak)
  1. Round 1: Buat 1ch masukkan dalam sc1 pada bunga atas (Round 4)
  2. Round 2: Buat 3ch lalu masukkan pada sc selanjutnya (6sc pada Round 3 bunga atas diisi masing-masing 3ch sebanyak 5 kali).
  3. Round 3: Buat 1sc, 7dc, 1sc dari dalam 5 ring pada Round 2 pada bunga bawah.
Visit my online shop Pernak Pernik Sekar if you like ^^


Add me on your list too ^^

2 comments:

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^