Tuesday, August 14, 2012

Apple Cider Vinegar and Green Tea Toner for Acne Prone Skin


Ola ola...!!!

Updet blog pertama setelah mudik nih... Berhubung di rumah sepi-sepi aja namun di kost lebih sepi lagi akhirnya diriku memutuskan untuk pulang lebih cepat dari jadwal dan karena harga tiket lebih murah.

Sampai di rumah bongkar-bongkar koper dan oleh-oleh titipan baru ngeh kalo lupa bawa toner, sebetulnya sebagian besar skin care ada yang udah nyetok di rumah supaya pas pulang tidak repot bawa-bawa tapi tonernya ternyata sudah habis. Untuk toner sendiri aku gag bisa make toner sembarangan karena sebagian besar toner yang ada di pasaran mengandung alkohol yang merupakan musuh besar kulitku huks huks bikin kulit iritasi...Meskipun lupa bawa toner tidak perlu khawatir karena toner yang aku pakai memang toner homemade alias buatan sendiri. Toner buatan sendiri ini cocok untuk kulitku yang berjenis kombinasi dan acne prone plus entah kenapa tiap kali pindah lokasi besoknya pasti muncul beberapa jerawat. SEBELLL!!!

Bahan-bahannya untuk membuat toner ini adalah sebagai berikut (Untuk satu botol atau kira-kira sekitar 300ml):

Apple Cider Vinegar (Cuka Apel)


Cuka apel yang digunakan yaitu cuka apel yang biasa dijual di supermarket, kalau di Jogja aku biasa make cuka apel Heinz yang aku beli di Carrefour atau Superindo, tapi kali ini aku memakai cuka apel Tahesta yang aku beli di toko oleh-oleh.

Green Tea (Teh Hijau)



Teh hijau yang dipakai juga terserah mau bentuk apa dan merk apa, yang aku pakai kali ini teh hijau celup sisa nyomot dari hotel entah merknya apa. Teh hijau celup sendiri sudah banyak tersedia di supermarket, mini market, maupun pasar.

Air


Pastilah make air untuk mencampur larutan cuka apel dan teh hijau, ada juga sih memang yang langsung memakai cuka apel tanpa dilarutkan terlebih dahulu tapi rupanya terlalu keras untuk wajahku. Cuka apel tanpa dilarutkan cuma aku pakai di punggung untuk mengatasi jerawat punggung alias backne.

Air yang digunakan bukan air dari keran ya, tapi air dari kemasan. Untuk belinya dimana semua pasti tau donk...

Bahan Tambahan (Bisa ditambahkan pada larutan toner bisa juga tidak):

Rose Water (Air Mawar)


Air mawar selain sebagai aromaterapi juga sebagai antiseptik dan anti mikroba. Kali ini aku tidak memakai air mawar karena stoknya tidak ada.

Vitamin E Oil



Minyak vitamin E selain baik untuk wajah juga sebagai pengawet larutan, untuk minyak vitamin e ini aku ambil dari kapsul vitamin e yang dijual di supermarket atau apotik. Cukup 1 kapsul aja untuk 1 botol larutan toner.

Tea Tree Oil


Minyak tea tree pastinya udah terkenal khasiatnya bagi orang-orang yang berantem melulu sama jerawat kayak aku he he he. Selain sebagai anti acne juga berfungsi ganda sebagai pengawet. Untuk satu botol kecil cukup menggunakan 3-4 tetes saja namun berhubung tea tree oilnya ada di kost aku tidak menggunakan tea tree oil ini. Tea Tree oil yang aku gunakan adalah Tea Tree Oil dari The Body Shop karena paling mudah didapatnya.

Cara Membuat:

Larutan toner yang aku buat kali ini menggunakan perbandingan 1:1:1 antara cuka apel, air, dan green tea.
  1. Campur 100ml cuka apel dengan 100ml air, airnya harus air matang ya jangan air keran he he he. Aku menggunakan air mineral. Khasiat dari larutan cuka apel ini yaitu mampu mengecilkan pori dan mencerahkan area wajah yang memiliki bekas jerawat.
  2. Buat campuran green tea dari 100ml air panas dan green tea celup, diamkan sekitar 15 menit lalu buang tea bagnya dan tunggu sampai larutannya dingin. Setelah dingin campur larutan 100ml cuka apel, 100ml air, dan 100ml green tea lalu disimpan dalam botol atau kemasan kaca. Kenapa kaca? karena cuka apel merupakan larutan bersifat asam yang dapat bereaksi dengan kemasan plastik biasa. Namun dalam kasus ini aku hanya menggunakan kemasan botol dari tupperware dan sepertinya sih aman-aman saja. Larutan green tea ini membantu mengurangi aroma "unik" dari cuka apel dan pasinya mengandung anti oksidan yang baik untuk kulit.
  3. Tambahkan bahan-bahan lain seperti tea tree oil dan vitamin e bila ada.
  4. Simpan dalam kulkas dan gunakan dalam jangka waktu 1-2 bulan.
Note:
  • Apabila ingin menggunakan campuran toner dengan air mawar gunakan dengan perbandingan 1:1:1 antara cuka apel, air mawar, dan green tea
  • Apabila kulit terlalu sensitif kurangi jumlah larutan cuka apel dan tambah larutan air atau air mawar.
  • Gunakan dengan kapas dan hindari bagian mata, ada yang menyarankan untuk menggunakan botol spray untuk larutan ini tapi pedih banget kalo kena mata!!
 Yang aku suka dari toner ini:
- Super cheap!! Semua bahan-bahannya merupakan beauty product aku dan bisa dibuat sampai berbulan-bulan.
- Non-alcohol, tidak bikin kulit iritasi dan kering.
- Membantu mengeringkan jerawat yang sudah ada.
- Mencegah jerawat baru.

Yang aku kurang suka dari tone ini:
- Bau cuka apelnya cukup overwhelming namun cepat hilang kok.

Repurchase? or Remake?
yes and yes

 Sumber:
http://www.ehow.com/how_4488179_make-apple-cider-vinegar-toner.html
http://thehodgepodgefiles.blogspot.com/2011/10/diy-green-teaapple-cider-vinegar-toner.html
http://twingodesses.blogspot.com/2011/02/acne-remedy-apple-cider-vinegargreen.html
http://cheratomo.wordpress.com/2012/06/07/the-natural-acne-cure-acv-apple-cider-vinegar/

19 comments:

  1. harga cuka apel berapa mbak??

    ReplyDelete
  2. Di post yg lain soal acv uda kukasi tau kok sekitar 30-50rb ukurannya sekitar 500ml-1liter

    ReplyDelete
  3. harga cuka apel berapa mbak??

    ReplyDelete
  4. suka sma blognya mba :)
    mba beli air mawar d beringharjo sebelah mana ya?kemarin ak nanya2 sma ibu2 yg jualan kembang mawar dsna tp gak ad yg jual air mawar T_T

    ReplyDelete
  5. bagian spa dan jamu-jamu kalo di beringharjo, di toko mutiara juga ada.

    ReplyDelete
  6. boleh aja gag ada yg marah kok sarah hihihi

    ReplyDelete
  7. baru baca resep toner selanjutnya, hehe. Untuk air mawar yang sista beli itu air mawar yang buat nyekar bukan? hihi agak mistis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan yg buat nyekar tapi yg buat campuran masker say...
      Kalo males beli air mawar viva, sari ayu kan juga ada

      Delete
  8. Itu di no. 3, ada tulisan "Tambahkan bahan-bahan lain seperti tea tree oil dan vitamin e bila ada."

    Yg mau kutanya, brp tetes tea tree oil-nya ya say? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya aku kalau bikin di botol 200ml tea tree oilnya 8-10 tetes lah kira-kira

      Delete
  9. mbakkk toner in mesti diletakkin di botol kaca yaa ? ga bole diletakkin di botol plastik spray gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah pake botol spray gpp si sepertinya. Biasanya sih pake botol Tupperware aku hehe. Kalo pake spray suka perih kena mata soalnya.

      Delete
  10. mbak kalo enggak pake tea tree oil, tetep bisa mengurangi dan mencegah jerawat enggak? oia mau tanya mbak, menurut embak, pelembab yg bagus buat wajah berminyak apa ya? yang sekaligus kalo bisa mengurangi dan mengontrol minyaknya? terima kasih kalo direspon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gag masalah kalo gag ada tea tree oil.
      Pelembab yg aku pake sekarang itu Papulex Oil Free Cream, lumayan untuk oil dan sebum control + buat maintenance jerawat juga sama kalau mau whitening bisa juga coba Secret Key Snow White Cream itu aku lmyn suka, mengandung niacinamide utk whitening tapi niacinamide itu juga bisa untuk jerawat. Eh tapi Papulex juga mengandung niacinamide kok jadi terserah aja pilih mana. Kalau pelembab lain yg aku pake bisa liat di blog

      Delete
  11. Mba, toner ini awet sampai berapa lama ya di botol setelah di buat? kan ga pakai pengawet bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh udah ditulis kok di post sekitar 1-2 bulan. Klo masuk kulkas bisa sampe 2 bulan. Gag ada bahan pengawet lah, dari mana pengawetnya? Hehehe tapi tea tree oil dan vitamin e oil memang berfungsi sebagai natural preservatives.

      Delete
  12. Hai Mba mau nanya, setelah memakai toner ini apakah perlu dibilas? atau bisa lsg memakai cream n bedak tabur?

    Thanks ^^

    GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komennya sekali aja sayang nanti saya baca dan approve kok.
      Toner ini cara pakainya sama seperti toner biasa kok, setelah kering lanjut dengan ritual skin care kamu. Kalau biasanya pake bedak langsung ya pake bedak aja dan kalau biasanya pake serum, cream bla bla bla ya lanjut aja dengan segala ritualnya itu say.

      Delete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^