Sunday, November 3, 2013

Recipe: Nasi Goreng Roa

Hari ini aku mau share apa yang aku buat untuk sarapan... Apa ya??? He he he Nasi Goreng Roa!! Apa itu Roa? Roa itu adalah sejenis ikan khas Manado. Just in case you don't know I've spent about 14 years of my life in Manado. Makanya sekarang aku susah banget lepas dari segala yang pedas-pedas maupun sambal. Sampai aku SMA aku tahunya kalau makan pisang goreng, singkong goreng maupun jagung rebus tuh dimakannya pasti pakai sambal. Gara-gara ini ada kejadian yang lumayan unik waktu aku pindah ke Jember pas kelas 2 SMA. Waktu itu masih baru banget disana dan aku diajakin main ke rumah teman. Pada saat itu ibunya menghidangkan pisang goreng. Dengan innocent aku langsung nyeletuk... Sambelnya mana tante? Si tante: Hah pisang goreng kok pake sambel de? Aku: Hahh?!!??!? asdfghjkl Pisang Goreng gag pake SAMBEL ya makannya?????? Pada saat itu aku baru tau kalau di Jawa tuh pada umumnya makan Pisang Goreng tuh enggak pakai sambal dan itu adalah pengalaman culture shock aku yang pertama waktu pindah ke Jember. FYI sampai sekarang aku masih enggak bisa loh makan Pisang Goreng tanpa sambal, jadi kalau bertamu dan ada hidangan itu aku tanya aja ke yang si empunya rumah ada saos sambal apa tidak. Lalu si empunya rumah bakalan terheran-heran ngeliat aku nyocol Pisang Goreng pake saus sambal. Yahhh... Daripada gag dimakan kan jadinya kurang sopan gitu he he he... Oh dan bicara soal sambal meskipun aku suka banget dengan berbagai sambal aku sendiri gag bisa loh nyambel... Ada yang mau ngajarin gag? Errr malah ngelantur... Lanjut ke ikan Roa tadi ya... Penampakannya seperti ini...

Gambar diambil dari atika.co

Ikan Roa dikenal sebagai Garfish dalam bahasa Inggris dan ikan ini biasanya dijual dalam bentuk yang sudah diasapi dan jarang untuk dimakan langsung karena cukup keras. Biasanya ikan ini ditumbuk untuk dibuat menjadi abon. Nah si abon ini yang aku pake untuk nasi goreng.. Selain nasi goreng ikan roa ini juga enak banget dibuat jadi sambal roa (resep menyusul) untuk teman makan pisang goreng, singkong goreng, ubi goreng, bubur manado dan cocok juga untuk ditaburi di tumisan sayur seperti tumis kangkung, tumis tauge atau tumis buncis. Berikut penampakan abon roanya...


Abon roa yang ini cenderung abon roa yang plain yang masih kurang seru kalau dimakan begitu aja. Sengaja minta yang kayak gini supya bisa diolah jadi macam-macam dan lebih awet juga kalau disimpan di kulkas. Dulu tetangga kost di Jogja suka dapat kiriman abon roa bikinan ibunya satu toples geday dan pedesnya ampun-ampunan. Kalau lagi kurang nafsu makan tinggal pakai si abon di atas nasi langsung deh ngiler laper... Ahhh kok ngelantur melulu sihhh!! Kebanyakan nostalgia masa lalu nih #LOL. Udah ahh lanjut aja ya ke bahan-bahannya di resep ini lagi-lagi aku cuma memakai apa yang ada di kulkas ya. Aku kalau masak enggak pernah direncanakan mau masak apa, biasanya buka kulkas dulu baru mikir hmmm... Mau bikin apa nih dari isi kulkas.

Bahan-Bahan:
- Nasi Putih (Biasanya aku pake nasi sisa semalem yang tidak habis. Kalau pakai nasi baru jadinya lengket nasi gorengnya).
- Bakso (Boleh ganti sosis, daging atau apa lah jamur juga oke kayaknya).
- 2-3 butir bawang putih dirajang halus.
- 1/4 bawang bombay ukuran sedang dirajang halus tapi kalo malas gede-gede juga gag masalah.
- 1 butir telur dikocok lepas.
- Margarin
- Abon roa

Bumbu-Bumbu:
- Garam
- Merica
- Maggi Seasoning
- Maggi Bumbu Pelezat Serba Guna.


Panaskan margarin kira-kira 1 sdm saja, masukkan bawang putih dan bawang bombay lalu tumis sampai harum kemudian masukkan telur yang sudah dikocok lepas lalu masak jadi orak-arik dan masukkan kira-kira 1 sdt Maggi Seasoning ke dalam adonan telur tadi (waktu telurnya masih mentah). Saat telur orak-ariknya masih setengah matang (masih terlihat lembek gitu) tambahkan bakso lalu tumis sampai matang.


Masukkan nasi (ini kalau gag salah sekitar 2 piring deh) lalu aduk-aduk karena biasanya masih rada lengket. Ini malah sebelumnya masih bentuk bulat dari rice cooker hi hi.


Tambahkan margarin secukupnya. Ini lupa berapa banyak pokoknya sampai kira-kira cukup lah untuk 2 piring nasi. Kemudian aduk-aduk sampai margarin meleleh dan tercampur sempurna. Sambil aduk-aduk nasi dan margarin bisa sekalian tambahkan garam, merica dan Maggi Bumbu Pelezat Serba Guna secukupnya. Bumbunya dimasukan sedikit demi sedikit ya sambil diicip-icip supaya gag keasinan atau kebanyakan gitu.


Nah kalau bumbunya sudah tercampur rata tinggal tambahkan si abon roa ke dalam masakan lalu dicampur lagi. Aku pakai sekitar 2 sdm abon roa tapi kalau mau lebih banyak juga gag masalah kok. Supaya agak sedikit pedas aku kasi sedikit cabe rawit setelah itu tinggal makan saudara-saudara!!!







Add me on your list  ^^


or Maybe Visit My Online Shop 

8 comments:

  1. gak dikasih kecap? aku klo bikin nasgor tanpa kecap rasanya ada yg kurang, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake kecap jadi nasi goreng jawa donk.

      Delete
    2. ooo gitu, sama itu margarinnnya kamu tambahin belakangan ya? kalau q biasanya dipakai numis bumbunya. tapi oke juga nih resepmu, bisa dicoba kapan2... hehehe

      Delete
    3. Aku pake buat numis juga kok margarinnya

      Delete
  2. Blom pernah dengar soal ikan roa ini tapi nasi gorengnya sedap banget kelihatannya :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roa itu emang khas Manado soalnya. Ikannya hanya hidup diperairan sana.

      Delete
  3. beli abon nya cuma ada di manado kah ? jadi pengen cobain..

    http://amourpixie.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo abon roanya memang khas manado. Tapi kalau gag salah sih udah ada di toko oleh2 nusantara, malah ada juga sepertinya yang jual online.

      Delete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^