Wednesday, April 23, 2014

Food: Sop Ceker Pedas


Sebelumnya saya belum pernah masak ceker, cuman waktu ke Bonnet liat ceker ayam kok udah bagus dan bersih jadinya beli deh.... Kata temen saya yang orang Korea waktu saya kirim gambar masakan ini mirip dengan hidangan Korea yang namanya "Dakdoritang". Kebetulan juga saya membuat ini dengan menggunakan "Gochujang". Gochujang itu seperti saus sambal Korea gitu deh. Saya beli ini di Ranch Market tapi liat juga di Hypermart. Kalau belum tahu Gochujang seperti ini berikut penampakannya.

Image taken from Aeri's Kitchen
Saya mulai suka dengan si Gochujang ini sejak suka main ke rumah teman saya yang ada orang Koreanya. Sebetulnya lebih enak yang pedas tapi sepertinya agak susah dicarinya di Supermarket. Beberapa bahan-bahan yang saya gunakan memang ada yang mirip dengan Dakdoritang ini cuma saya sedikit menambahkan bumbu ala Indonesia.

Bahan-Bahan:
200 gr Ceker Ayam
4-5 Ruas Jahe (dikupas dan dimemarkan)
1 Bawang Bombay Besar (potong tipis-tipis)
3 Daun Jeruk Purut
3 Batang Sereh (dimemarkan)
2 Tahu Sutra (Lebih enak sih menggunakan Egg Tofu tapi lagi gag nyetok kulkas.  Tahunya dipotong kecil-kecil)
100 gr Daging Cincang (Kebetulan ada sisa daging cincang di kulkas. Boleh diganti daging sop.)
6 Bawang Putih (cincang halus)
Cabe Rawit (Jumlahnya terserah tergantung mau pedas atau tidak. Cabenya diulek)
Note: Kayaknya lebih enak pakai Daun Bawang tapi lagi habis juga.

Bumbu-Bumbu:
Kaldu Jamur (ini bisa dibeli di Supermarket, saya sekarang lebih suka memasak dengan Kaldu ini dibanding Kaldu Sapi atau Kaldu Ayam. Kalau tidak ketemu bisa diganti Kaldu Sapi atau Ayam.)
Garam
Merica
Gula
Madu
Gochujang

Cara Masak:
Note: Berhubung saya belum pernah masak dan mengolah ceker sebelumnya jadi saya kurang tahu cara yang benar dan tepat. Resep yang saya bagi di bawah ini adalah yang saya lakukan ketika membuat Sop Ceker Pedas ini.
  1. Ceker yang sudah dibersihkan dikukus selama 30 menit. Sebelumnya ceker tersebut sudah saya lumuri dengan garam dan merica.
  2. Tumis Bawang Bombay dan Bawang Putih sampai harum dan transparan.
  3. Masukkan sekitar 1 liter air.
  4. Masukkan Jahe, Sereh dan Cabe Rawit.
  5. Masukkan Tahu, Daging dan Ceker.
  6. Pindah ke api kecil dan masukkan bumbu-bumbu. Jumlahnya saya agak lupa karena masukin bumbunya sambil dicicip he he he. Kira-kira 1 sdt Garam, 3 sdm Kaldu Jamur, 2 sdt Merica, 1 sdt Gula, 1 sdm Madu, 3 sdm Gochujang. Kalau kurang pas bisa ditambah atau kalau bikinnya cuma dikit bisa dikurangi lah.
  7. Masak dalam api kecil selama sekitar 30 menit sampai airnya menyusut dan mengental.
  8. Sajikan
Yahh... Begitulah kira-kira resep Sop Ceker Pedas jadi-jadian ala saya. Bikinnya cuma pake feeling tapi hasil akhirnya enak juga loh!!







Add me on your list  ^^


or maybe visit my Shop 

No comments:

Post a Comment

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^